Analisis Jurnal Credit Card Fraud and Detection Techniques

Posted: July 1, 2013 in BLK 2

credit card

Tema               : Kartu Kredit

Judul               : Credit Card Fraud and Detection Techniques

Pengarang        : Linda Delamaire (UK), Hussein Abdou (UK), John Pointon (UK).

Tahun              : 2009

Latar Belakang Masalah

Di jaman era globalisasi ini untuk melakukan transaksi, dapat digunakan berbagai sarana pembayaran, mulai dari cara yang paling tradisional, sampai dengan cara yang paling modern sekalipun. Sejalan dengan perkembangan jaman ditemukan cara yang paling efisien dan efektif untuk melakukan transaksi pembayaran yaitu dengan menggunakan kartu kredit yang mampu menggantikan fungsi uang sebagai alat pembayaran. Kartu kredit ini dapat pula digunakan untuk berbagai keperluan yang berfungsi sebagai alat pembayaran tunai. Penggunaan kartu kredit dirasakan lebih aman dan praktis untuk segala keperluan, seperti untuk keperluan uang tunai dalam bepergian, bahkan dewasa ini kartu kredit sudah dapat digunakan untuk segala bentuk pembayaran secara internasional. Namun di sisi lain, efek negatif yang sering timbul dalam penggunaan kartu kredit adalah timbulnya penipuan yang sering merugikan banyak perusahaan kartu kredit maupun bank. Penipuan adalah salah satu masalah etika utama dalam industri kartu kredit. Penipuan dapat  terjadi dengan semua jenis produk kredit, seperti pinjaman pribadi, pinjaman rumah, dan ritel.

Masalah dan Tujuan

Di Eropa, khususnya di Jerman pembayaran dengan kartu terus meningkat beberapa tahun terakhir. Pasar untuk kredit dan kartu diperkirakan tumbuh sebesar 23,3% dari tahun 2004 sampai 2009, mencapai nilai € 56.477 juta (Euromonitor International, 2006). Dengan penggunaan kartu kredit yang luas ini, penipuan muncul sebagai isu utama dalam bisnis kartu kredit. Di Uni Eropa, tanda-tanda pertama bisa telah terlihat di Inggris di tahun 90an. Bahkan, kerugian total melalui penipuan kartu kredit di Inggris telah berkembang pesat (1997 sebanyak 122 juta, tahun 1998 sebanyak 135 juta, tahun 1999 sebanyak 188 juta, tahun 2000 sebanyak 293 juta [Asosiasi Kliring Pembayaran Layanan London (APACS)]. Dalam hal ini, fungsi penting lembaga keuangan termasuk bank adalah mengambil langkah-langkah untuk mencegah penipuan dan untuk menangani secara efisien dan efektif ketika penipuan itu terjadi.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis penipuan kartu kredit, dan untuk meninjau teknik alternatif yang telah digunakan dalam deteksi penipuan khususnya di Eropa.

Metodologi

Data

Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini diambil dari Euromonitor International, 2006, European e-Business Market Watch, 2005, Pago-Report. 2005 – 2007, dan Encyclopedia Britannica. Sedangkan data sekunder diambil dari empat puluh  jurnal sebelumnya kurun waktu 1990 – 2008 yang sebagian besar berfokus pada Negara – Negara di Eropa.

Variabel

Alat yang digunakan untuk mendeteksi penipuan adalah dengan menggunakan pohon keputusan (decision tree), Algoritma genetika dan algoritma lainnya (Genetic algorithms and other algorithms), teknik pengelompokan (clustering  techniques), dan jaringan saraf (neural networks).

Hasil dan Kesimpulan

Penipuan kartu kredit adalah tindakan ketidakjujuran pidana. Penelitian ini telah mengkaji temuan baru di bidang kartu kredit. Yaitu dengan mengidentifikasi berbagai jenis penipuan, seperti penipuan kebangkrutan, penipuan pemalsuan,  penipuan pencurian, penipuan aplikasi dan perilaku penipuan, serta membahas langkah-langkah untuk mendeteksi dan menyelesaikannya. Tindakan atau teknik penyelesaian tersebut meliputi pohon keputusan, teknik pengelompokkan atau clustering, jaringan saraf, dan algoritma genetika. Dari sudut pandang etika, dapat dikatakan bahwa bank-bank dan perusahaan kartu kredit harus berusaha untuk mendeteksi semua kasus penipuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s