Tugas 4

Posted: April 13, 2012 in My College

PENGERTIAN PEMBIAYAAN MIKRO & CORPORATE

Pengertian Pembiayaan Mikro

Pembiayaan sector mikro adalah pembiayaan yang memberikan “Jasa Keuangan” bagi pengusaha mikro dan masyarakat berpenghasilan rendah, baik formal, semi formal, dan informal yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan formal dan telah berorientasi pasar untuk tujuan bisnis. Dengan demikian pembiayaan ini  berfungsi sebagai lembaga yang menyediakan berbagai jasa pinjaman, baik untuk kegiatan produktif yang dilakukan Usaha Mikro, maupun untuk kegiatan konsumtif keluarga masyarakat miskin. Sebagai lembaga simpanan, pembiayaan ini dapat menghimpun dana (saving) yang dijadikan prasyarat bagi adanya kredit walaupun pada akhirnya sering kali jumlah kredit yang diberikan lebih besar dari dana yang berhasil dihimpun.

Pembiayaan sektor mikro adalah segmentasi pasar yang dinilai memiliki potensi yang besar terkait dengan ruang lingkupnya yang sangat luas. Potensi yang besar yang dimiliki dari pembiayaan sektor mikro itu sendiri dikarenakan ada pembayaran yang lebih besar yang terdapat didalamnya, seperti pembiayaan konsumtif, pembiayaan produktif, untuk perusahaan dan usaha-usaha kecil. Sebagian besar masyarakat di Indonesia itu merupakan pelaku besar dari sektor pembiayaan mikro ini.

Tujuan pembiayaan sector mikro antara lain :

1.   Meningkatkan akses usaha mikro yang ada di masyarakat terhadap pelayanan pembiayaan di Lembaga Keuangan (LK) Pelaksanaan .

2.   Lembaga Keuangan (LK) Pelaksana sebagai agen pembangunan di daerah dapat melaksanakan fungsinya sehingga dapat mendukung peningkatan dan perkembangan usaha di sektor pertanian untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Pengertian Pembiayaan Corporate

Perusahaan Corporate atau Perusahaan Pembiayaan adalah badan usaha di luar Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank yang khusus didirikan untuk melakukan kegiatan usaha: Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang, Usaha Kartu Kredit atau Pembiayaan Konsumen.Skema bisnis perusahaan pembiayaan didasari oleh adanya underlying asset, dekatnya jaringan industri pembiayaan dengan industri manufaktur, distributor dan pemegang merek tunggal, serta mudah dan cepatnya pelayanan, membuat industri pembiayaan lebih dekat ke konsumennya dibandingkan industri pemberi kredit sejenis.

Tidak seperti bank, perusahaan corporate dilarang:

1.  Menghimpun dana secara langsung dari masyarakat;

2. Menerbitkan urat sanggup bayar, kecuali sebagai jaminan atas utang kepada bank yang      menjadi kreditornya;

3.  Memberikan jaminan dalam segala bentuknya kepada pihak lain.

Mana Yang Lebih Menguntungkan Dari Keduanya?

Diantara pembiayaan sektor mikro dan pembiayaan corporate yang lebih menguntungkan menurut saya yakni pembiayaan sektor mikro. Seperti yang sudah saya katakan diatas sebelumnya, pada pembiayaan sektor mikro ini sebagian besar pelaku usahanya yaitu masyarakat Indonesia. Karena semakin banyak pelaku usaha yang ada di Indonesia, maka secara tidak langsung itu sudah dikatakan menguntungkan. Dengan semakin banyaknya pelaku usahanya, maka semakin besar pula peranannya dalam membantu dalam mengembangkan perekonomian Indonesia itu sendiri.

Bagaimana dengan pembiayaan corporate? Menurut saya pribadi, pada pembiayaan ini terlalu banyak mengambil resiko yang ada. Salah satu resiko yang harus dihadapi yaitu resiko dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.

Tantangan Pembiayaan Sektor Mikro :

Lembaga Keuangan

  1. Mampu mengenali karakteristik pasar
  2. Melakukan cost monitoring
  3. Produk/jasa market driven
  4. Keterbatasan sumber dana jangka panjang

Kelemahan Institutional Capacity Building

  1. Peran Bank/Lembaga Keuangan hanya salah satu sub-sistem
  2. Capacity building sektor UMKM yang merupakan  pra-syarat sering diabaikan

Tantangan Pembiayaan Corporate  :

  1. Risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.
  2. Pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
  3. Kepemilikannya yang dapat berpindah-pindah secara mudah.

Daftar Pustaka

 

http://mistinherawati.blogspot.com/2012/04/tugas-4.html

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=pembiayaan%20perusahaan&source=web&cd=4&ved=0CDgQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwarsono.staff.umm.ac.id%2Ffiles%2F2010%2F08%2F5-Perusahaan-Pembiayaan-MLK-Warsono.ppt&ei=Ce2HT_ONKc7wrQfn68GJCw&usg=AFQjCNF6bvLk5hlyRdt7FMbtlMfCObfKLQ&cad=rja

http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2011/09/21/pengertian-lembaga-keuangan-mikro/

http://zakaria-alfaeyza.blogspot.com/2012/04/tugas-4-pembiayaan-sektor-mikro-vs.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s