Tugas 3

Posted: March 28, 2012 in My College

ABSTRAKSI

 

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini memang sedang sedikit menurun. Namun disisi lain ada suatu usaha yang sedang menggeliat naik dan menggiurkan bagi para pebisnis dan investor. Banyak peluang usaha yang ada di dunia bisnis, tetapi peluang usaha yang saat ini menjadi topic hangat pembicaraan adalah usaha waralaba (franchise). Maraknya usaha ini membawa dampak positif bagi Indonesia, diantaranya  menyebabkan terjalinnya kerjasama antara Indonesia dengan Negara asing, memberikan wawasan kepada pengusaha di Indonesia mengenai business model yang berwacana global yang merupakan edukasi yang sangat baik bagi wawasan bisnis local Indonesia, dampak pembelajaran terhadap teknis industri juga sangat baik untuk diteruskan pada kegiatan teknologi, penyerapan tenaga kerja Indonesia akan lebih meningkat, juga akan menimbulkan perputaran penjualan yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kebanyakan orang memilih untuk membeli suatu usaha franchise pada saat memulai usaha. Mereka lebih suka memilih franchise ketimbang memulai usahanya dari nol. Franchise memiliki resiko yang lebih kecil ketimbang memulai usaha sendiri dari nol, apalagi untuk pebisnis pemula dan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia mulai dari modal jutaan hingga ratusan juta rupiah, tergantung kemampuan pemilik modal.

Bayangkan saja, hanya dengan membayar sejumlah uang seseorang sudah bisa memiliki nama dari suatu produk ternama dan berkualitas, dan tidak usah pusing-pusing memikirkan agar produknya dikenal banyak orang dan bagaimana caranya produknya bisa dinikmati konsumen yang biasanya mengganggu pikiran para pebisnis pemula.

 

Franchise pada hakekatnya adalah sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat. Franchise merupakan salah satu cara yang sama kuatnya, sama strategisnya dengan cara konvensional dalam mengembangkan usaha. Bahkan sistem franchise dianggap memiliki banyak kelebihan terutama menyangkut pendanaan, Sumber daya alam dan managemen, kecuali kerelaan pemilik merk untuk berbagi dengan pihak lain. Franchising juga dikenal sebagai jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya melalui tangan-tangan franchise.

 

Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk menjelaskan salah satu sisi kondisi perekonomian Indonesia yang cenderung menurun namun ada kegiatan perekonomian yang menunjukan progres menanjak dan memberikan angin sejuk ditengah carut-marutnya kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

Metode yang digunakan adalah melakukan kepustakaan terhadap kegiatan usaha franchise yang dapat diperoleh. Kemudian penyusun melakukan analisis mendalam terhadap perekonomian indonesia dan usaha franchise di Indonesia.

Berdasarkan hasil penulisan karya tulis ini, bahwa tidak selamanya kondisi perekenomian Indonesia bergerak negative, namun kita sebagai mahasiswa juga perlu memperhatikan cara agar perekonomian Indonesia ini menjadi lebih baik. Kita sebagai mahasiswa yang memiliki nilai intelektual yang tinggi, hendaknya turut serta dalam peningkatan perekonomian Indonesia saat ini. Penulis berharap dari hasil karya tulis yang penulis buat, para pembaca mendapat inspirasi dengan membangun usaha franchise baru, maupun yang telah ada ataupun usaha non-franchise.

 

 

Nama Kelompok

Anindia Putri (28211643)

Fadillah Drajat Utama (28211506)

Khairiyah (28211538)

Lovin Septi (29211094)

Prasetyo Nur Ichsan (28211832)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s